• SMP NEGERI 1 SANGKULIRANG
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

BEGINI CARA NABI MEMBALAS KEISENGAN SAHABAT ALI

Sahabat Ali pernah 'iseng' ke Rasulullah dengan memindahkan biji kurma bekas miliknya ke tempat biji kurma Rasul. Namun Rasul menjawabnya dengan canda.

Suatu ketika, Rasulullah SAW bersama para sahabat sedang berbuka puasa. Buah kurma terhidang di depan mereka. Setiap kali mereka makan kurma, biji-biji sisanya mereka sisihkan di tempatnya masing-masing.

Beberapa saat kemudian, Ali menyadari bahwa dia memakan cukup banyak kurma. Jelas saja, biji-biji kurma yang ada di tempatnya menumpuk lebih banyak di bandingkan sahabat yang lain.

Muncul keisengan Sahabat Ali. Diam-diam dia memindahkan biji kurma miliknya ke tempat biji kurma milik Rasul. Saat semua biji kurma sudah berpindah tempat, Ali menggoda Rasul.

“Wahai Nabi tampaknya engkau begitu lapar. Sehingga makan kurma begitu banyak. Lihat biji kurma di tempatmu menumpuk begitu banyak.”

Bukannya terkejut atau marah, sambil tersenyum Nabi membalas keisengan Ali. “Ali, tampaknya kamulah yang sangat lapar. Sehingga engkau makan berikut biji kurmanya. Lihatlah, tak ada biji tersisa di depanmu.” 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisah Hikmah Luar Biasa

KESOMBONGAN   Seorang lelaki kaya nan sombong berjalan di keramaian pasar. Seorang wanita paruh baya penjual minyak samin, dengan kendi di atas kepala sambil membawa embe

29/03/2019 13:43 WIB - Administrator
APAKAH KITA LEBIH SIBUK DARI SAHABAT?

Apakah kita lebih sibuk dari Umar bin Abdul Aziz, sampai tak ada waktu membaca firmanNya? Sungguh Umar bin Abdul Aziz, jika ia sangat sibuk, maka ia tetap mengambil mushaf, walau hanya

29/03/2019 13:43 WIB - Administrator
Akibat Makan dan Minum Sambil Berdiri Menurut Islam dan Ilmiah

  Orang tua sering melarang kita makan dan minum sambil berdiri. Mungkin kedengarannya seperti nasihat biasa saja, tapi ternyata hal itu ada benarnya dan dapat dibuktikan dari segi

29/03/2019 13:43 WIB - Administrator
HUKUM PACARAN MENURUT ISLAM

Memang larangan mengenai pacaran di dalam  Islam tidak dibahas secara gamblang. Mungkin itulah salah satu faktor yang mengakibatkan  kebanyakan orang awam tidak dapat menerima

29/03/2019 13:43 WIB - Administrator