• SMP NEGERI 1 SANGKULIRANG
  • Hidup ini seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, engkau harus terus bergerak.

Si Kuning Aspirasi Alumni

MADING KREZEQ – Bus sekolah biasanya menyesuaikan dari ukuran jalan yang dilewati. Selain dari fungsinya untuk mengantar anak sekolah, ada keunikan lain yaitu dari warnanya. Kebanyakan bus sekolah memiliki warna kuning dengan tulisan “ BUS SEKOLAH” berwarna hitam. Mengapa demikian? Warna kuning Bus sekolah sudah menjadi standar internasional, diterapkan berbagai negara. Hal ini bermula dari gagasan Dr Frank W. Cyr dari Universitas Columbia, New York.pada tahun 1939.

Pemilihan kuning menjadi standar warna bus sekolah berdasarkan aspek ilmiah. Warna kuning selalu melambangkan kita harus waspada. Kuning itu menjadi bahasa internasional sebagai warna peringatan, seperti rambu-rambu, atau armada angkutan sampah yang berjalan lambat. Secara ilmiah mata manusia lebih mudah mengidentifikasi dan mengenali warna kuning dari kejauhan, hal ini bisa membantu mengurangi potensi kecelakaan.

                                                                                   foto: istimewa

Foto Bersama usai penyerahan simbolis kunci Bus Sekolah oleh H. Irwan

                       kepada Kepala SMPN 1 Sangkulirang

 

Kabar tentang akan diterimanya armada Bus Sekolah untuk SMP Negeri 1 Sangkulirang pertama kali didapatkan di halaman facebook Irwan. “Alhamdulillah program aspirasi saya melalui Kementerian Perhubungan RI Dirjen Hubungan Darat Berupa Bus Sekolah untuk Kaltim insyaAllah dalam waktu dekat akan dibagikan. Bus tersebut sedang dalam perjalanan dikirim ke Kaltim.” begitu bunyi postingan di halaman facebook anggota DPR Fraksi Partai Demokrat dapil Kaltim itu.

Masih dalam postingan, alumni SMP Negeri 1 Sangkulirang itu menjelaskan bahwa sementara tahun ini 4 Bus Sekolah yang akan diserahkan di Kaltim yaitu untuk :

  1. SMP N 1 Sangkulirang, Kutai Timur.
  2. Universitas Mulawarman, Samarinda.
  3. Pemerintah Kota Balikpapan.
  4. Pemerintah Kota Samarinda.

“Mudahan saja bisa manfaat dan berkah bagi anak-anak pelajar dan adik-adik mahasiswa di Kaltim serta terus bertambah jumlahnya tiap tahunnya yang bisa ulun (saya dalam bahasa banjar) perjuangkan bawa ke Kaltim.” Ujar Irwan.

Disambut Plt Bupati Kutai Timur, Bapak H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M.

                                                                                         foto: istimewa

Postingan yang ditanggapi 1.088 like dan 255 komentar, serta dibagikan 146 kali itu selanjutnya menuliskan permohonan maaf anggota DPR kelahiran Sangkulirang itu  pada masyarakat Kalimantan Timur.

“Mohon maaf ulun kada bisa ngasi amplop untuk masyarakat Kaltim waktu nyaleg dulu. Insya Allah ulun ganti lawan (dengan) perjuangan yang keras di pemerintah pusat,” ujar Irwan, Selasa 8 Desember 2020.

Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 mendapat empat jatah kendaraan pendukung pendidikan berupa bus sekolah. Ia berharap bantuan bus sekolah ini dapat mendukung operasional pendidikan dan memberikan manfaat bagi pemangku penerima bus tersebut. Khususnya terhadap pelaksanaan pendidikan bagi generasi Kaltim.

Bantuan Bus Sekolah kepada 4 instansi di Provinsi Kalimantan Timur ini penyerahannya dilaksanakan pada Rabu, (6/1/2021) di Terminal Tipe A Batu Ampar, Balikpapan.

Aspirasi Bus Sekolah SMPN 1 Sangkulirang

Hal menarik disampaikan Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Samarinda, M. Teguh. “Selama tiga puluh tahun bekerja di Pemerintah Kota Samarinda dan ada lima instansi saya lewati, ini baru pertama kalinya kami mendapat bantuan dari anggota DPR RI Pusat, dari Partai Demokrat Pak Irwan, Bus. Tahun ini kita juga mendapatkan halte sungai, ini the best” ujarnya.

Irwan mengharapkan bahwa bantuan unit transportasi tersebut disamping mampu mengurangi jumlah laka lantas yang melibatkan anak sekolah juga mampu menjadi transportasi publik yang aman dan nyaman untuk para pelajar dan mahasiswa di daerah.

Prosesi penyerahan Bus Sekolah SMP Negeri 1 Sangkulirang langsung diterima oleh Jusransyah, S.Pd. selaku Kepala Sekolah, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur Ibu Dr. Roma Malau, SE., M.M.

Surat Undangan kegiatan serah terima itu sebelumnya diterima Kepala SMP Negeri 1 Sangkulirang melalui grup WhatsApp Kepala SMP Kutai Timur, Senin (4/1/2021) pukul 22.35, dan langsung dikonfirmasi ke pihak Disdik malam itu juga. Kemudian  pada hari Selasa (5/1/2021) bersama Guru BK Pak Aspul, S.Pd. dan Pak Dr. Amir S.T., M.M Kepala UPT Pendidikan Sangkulirang berangkat ke Samarinda.

“Rencananya armada ini akan kita gunakan ketika ada kegiatan sekolah yang memerlukan kendaraan untuk mobilitas, misalnya kegiatan pramuka, ikut lomba O2SN, FLS2N, dan pelatihan bagi siswa dan tenaga pendidik di luar sekolah.” ujar Jusransyah.

Si Kuning parkir di halaman sekolah       foto: moedaquarius

 

Kini, Bus sekolah yang berkapasitas 25 seat dengan konfigurasi travel (ke arah depan) itu sejak Jumat sore (22/1/2021) sudah berada di SMP Negeri 1 Sangkulirang, yang sebelumnya sempat singgah di Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur untuk didaftarkan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Selanjutnya pemeliharaan serta penggunaannya diserahkan sepenuhnya pada SMP Negeri 1 Sangkulirang, sesuai aspirasi. (moedaquarius)

Komentar