• SMP NEGERI 1 SANGKULIRANG
  • Hidup ini seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, engkau harus terus bergerak.

PENGUMUMAN (SEDERHANA) KELULUSAN SISWA KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2019-2020

KreZeQ. Sangkulirang. Setelah tiga tahun menempuh pendidikan di Sekolah menengah pertama, jum'at, 5 Juni 2020 siswa kelas IX tahun pelajaran 2019/2020 menghadiri acara pengumuman kelulusan. Acara kali ini di luar dari kebiasaan tradisi di SMP Negeri 1 Sangkulirang yang selalu mengadakan Pelepasan Siswa di gedung refresentatif, karena jumlah siswa, tamu dan undangan yang tidak sedikit. Kali ini hanya bisa dilaksanakan secara sangat sederhana. Pengumuman dan pelepasan siswa dilaksanakan di halaman kantor dewan guru, di bawah pepohonan rindang, tanpa atribut dan kelengkapan acara seperti spanduk, maulid habsyi dan rebana, lantunan ayat suci Al Qur'an, susunan ratusan kursi, dentuman musik, syair nyanyian artis sekolah, ritme dan hentakan tarian, semaraknya drama, paduan suara Hymne Guru yang berderaian air mata, nasi kemasan kotak, serta kemeriahan dekorasi panggung hasil kolaborasi siswa dan guru. 

Dewan Guru SMP Negeri 1 Sangkulirang

Masker menjadi satu-satunya atribut tambahan di masa pandemi Covid-19 ini. Sejak pukul 08.30 Wita, siswa telah berdatangan ke sekolah yang dirindukan setelah dua bulan lamanya tak belajar secara tatap muka di ruang kelas. Beberapa dari mereka mengunjungi kelas, kursi taman dan sudut sekolah yang biasa menjadi tempat berkumpul mereka. Di sisi lain, tampak  beberapa siswa bercengkrama, dan sesekali tampak tersenyum dan tertawa.

Siswa putra mendapat tugas tambahan di luar acara inti. Mereka mengangkat potongan pohon untuk dijadikan tempat duduk di bawah rindangnya pepohonan yang tumbuh di halaman sekolah. "Sebagai kenangan dari angkatan kami, bagi adik-adik" ujar Hardiawan yang sempat menjabat sebagai Ketua OSIS periode 2018-2019. Seiap potongan pohon ditata di bawah pohon dan diangkat oleh dua orang siswa.

Sementara itu, beberapa siswa putri terlihat membantu Wali Kelas IX-A, IX-B, dan IX-C di kantor dewan guru. "Kami membantu menata raport yang akan dibagikan" jelas Novia Fairuz Suprapto, bendahara kelas IX-B yang juga siswa yang tergabung di Ekstrakurikuler Majalah Dinding KreZeQ. Novi tidak sendirian, ia ditemani sahabatnya Muyassarah, Nadya Aisyah Putri, Rahmahdaniah Fitri dan Erlitha Dhea Ananda Putri.

Acara pengumuman kelulusan dipandu oleh Ibu Ayu Fadhilah, S.Pd. Diawali dengan pembacaan do'a oleh Pak M. Abas, S.Ag. guru Pendidikan Agama Islam kelas IX yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Bapak Jusransyah, S.Pd. yang menyatakan bahwa perpisahan kali ini berbeda dengan perpisahan yang sebelumnya, karena adanya Covid-19, dan beliau juga menyampaikan tentang kelulusan.

Sebelum pengumuman sepuluh besar lulusan terbaik, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Bapak H. Muhamad Taufiq, S.Pd. juga memberikan sambutan yang menekankan tentang tata cara pengambilan Surat Keterangan Kelulusan, Raport, dan pengembalian buku perpustakaan, penyelesaian administrasi sekolah, dan Bimbingan Belajar.

 

Erlitha Dhea Ananda Putri dan Rahmahdaniah Fitri siswa kelas IX-B menjadi lulusan Terbaik I dan II, Nadya Aisah Putri siswa kelas IX-D sebagai Terbaik III. Siswa kelas IX-C, Gusti Dhiva Agatha sebagai lulusan Terbaik IV dan di posisi ke V, Hesty Latifah siswa kelas IX-A. Kemudian dilanjutkan Dewi Yulianti siswa kelas IX-D di urutan ke VI.  Lulusan terbaik ke VII, dan VIII Ari Kusnaidi dan Kariesma Eka Nazwa siswa kelas IX-A. Josep Felix Yamatares Jampu dan Suzud Tessa Fouritasari siswa kelas IX-B sebagai lulusan Terbaik IX dan X.

Kesepuluh siswa terbaik tersebut mendapatkan piagam, plakat, dan hadiah. Acara dilanjutkan dengan penyerahan amplop pengumuman bagi siswa kelas IX yang membuat jantung berdegup kencang saat akan membukanya. Siswa yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya menuju ke tempat pengalungan medali kelulusan oleh masing-masing Wali kelas IX. Dan diakhiri dengan foto bersama. DM.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
AIDIL FITRI DI KONDISI THE NEW NORMAL

KreZeQ.Sangkulirang. Setelah berpuasa di bulan Ramadhan. Datangnya fajar 1 Syawal 1441 H menjadi saat-saat yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim. Hari raya Aidil Fitri merupak

25/05/2020 15:32 WIB - Administrator
SIMULASI PAT DI MASA COVID-19

KreZeQ-Bulan suci Ramadhan 1441 H hampir berakhir, namun wabah Covid-19 belum juga mau pergi. Siswa-siswi dan guru dengan sangat terpaksa melaksanakan pembelajaran jarak jauh untuk meng

22/05/2020 15:16 WIB - Administrator
WORO-WORO

    Assalamu'alaykum .... Semangat Pagi Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal 'afiat... Aamiin. Udah pada selesai sholat kan! siswa-siswi SMP Negeri 1 Sangkulirang yang m

13/04/2020 05:30 WIB - Administrator
Hand Sanitizer Daun Sirih Dosen Farmasi Unair

KreZeQ. - Convid-19 yang pada awalnya menjangkit dua warga Depok membuat masker dan hand sanitizer menjadi barang langka di pasaran. Saat pembina Mading KreZeQ yang baru

15/03/2020 13:52 WIB - Administrator
GLADI BERSIH UNBK 2020 DI SMP NEGERI 1 SANGKULIRANG

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pa

02/03/2020 13:41 WIB - Administrator